100 Pasang Peserta Nikah Massal Mengikuti Sidang Isbat di Pengadilan Agama Kota Palembang

Palembang, 11/10/2019 Sebanyak 100 pasang peserta nikah massal telah melalui tahap sidang isbat di Pengadilan Agama Kota Palembang pada Jum'at (11/10/2019). Artinya, setelah tahap itu para pasangan suami istri tersebut bakal mendapat buku nikah sesuai Undang-undang No. 1 Tahun 1974.

Kasubag Agama Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Palembang Ahmad Arifin menjelaskan peserta nikah massal memang harus diwajibkan mengikuti sidang isbat oleh Pengadilan Agama untuk mendapat rekomendasi agar diterbitkan buku nikah, selain itu isbat tersebut sebagai hukum formil agar pasangan suami istri yang sudah menikah secara agama juga sah secara negara.

"Nah setelah sidang isbat ini nanti pihak pengadilan agama memberi rekomendasi agar diterbitkan buku nikah," ujar dia.

Arifin menambahkan usai melalui tahap itu, Pemkot Palembang bakal menyelenggarakan resepsi yang dihadiri Walikota Palembang Harnojoyo. Menariknya, gelaran nikah massal tersebut akan diarak menggunakan becak.

"Alhmdulillah nikah massal ini merupakan program rutin Pemkot Palembang setiap tahun," tambahnya.

Sementara itu sebelumnya, Halimah, salah seorang warga 13 Ulu saat ditemui Amperanews usai mendaftar program nikah massal beberapa waktu lalu.

Halimah berujar program nikah massal itu sangat membantunya lantaran hampir 25 tahun ia tak punya buku nikah.

"Sudah 25 tahun kami belum punya buku nikah, karena kami menikah sirih. Dengan adanya program Pak Harnojoyo, kami disarankan untuk mengikuti nikah massal ini," singkatnya.

Berita Terkait

Komentar