Kembali Ukir Prestasi, BKPSDM Palembang Jadi Instansi Pertama yang Berhasil Wujudkan Assesment Centr

SiAbuhNews, Palembang-- Akselerasi pembaharuan program inovasi, BKPSDM kota Palembang menjadi satu-satunya instansi dengan assesment centre di wilayah Sumatera Selatan yg telah mendapatkan akreditasi oleh Kepala BKN RI dan telah memenuhi syarat untuk melaksanakan uji kompetensi secara mandiri. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang Riza Pahlevi usai melaksanakan virtual meeting via zoom dalam rangka simbolis penyerahan hasil akreditasi dari Badan Kepegawaian Negara pusat pada Rabu pagi, (15/09/21). 

"Alhamdulillah, akselerasi yang telah kita rancang sedemikian rupa selama ini akhirnya berbuah manis. Pemerintah Kota Palembang mulai saat ini dapat menyelenggarakan proses seleksi JPT secara mandiri lengkap dengan asesor SDM Aparatur yang juga telah lulus uji kompetensi dan berkualitas mumpuni," tutur Riza. 

Prestasi ini tentu merupakan salah satu kebanggaan bagi BKPSDM Kota Palembang khususnya dan Pemerintah Kota Palembang pada umumnya, sebab BKPSDM Palembang akhirnya berhasil memiliki assesment centre pertama di wilayah BKN Kantor Regional VII Sumatera Selatan. 

Tak hanya assesment centre yang terakreditasi, totalitas pengembangan ini juga dibarengi dengan tercukupinya jumlah Asesor SDM Aparatur yang dimiliki Pemerintah Kota Palembang.

Riza mengungkapkan bahwa saat ini jumlah Jabatan Fungsional Asesor SDM Aparatur di Indonesia masih sangat sedikit, yaitu sekitar 197 orang (berdasarkan Kemenpan RB). 

"Rencana kedepan kita mungkin akan mengadakan rangkaian uji kompetensi lagi kedepannya untuk penambahan SDM. Harapan bersama tentu dapat mewujudkan diferensiasi yang unggul dalam implementasi sistem merit di Pemkot Palembang. Salah satunya ialah melalui tercapainya assesment centre yang terakreditasi ini," ujarnya. 

Sebagai wujud konkrit pengadaan Asesor SDM Aparatur yang kompeten, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang beberapa waktu lalu juga telah meluluskan sepuluh Asesor Ahli Madya, Muda dan Pertama melalui uji kompetensi  yang dilaksanakan oleh Pusbinjak (Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian) BKN (Badan Kepegawaian Negara). 

"Dengan adanya sarana prasarana serta tercukupinya SDM yang benar-benar mumpuni di bidangnya semoga dapat meningkatkan kualitas seleksi JPT untuk Pemerintah Kota Palembang untuk periode-periode kedepan," tambahnya. 

Dihadiri oleh sejumlah Kabid dan Kasubid dari seluruh bidang di BKPSDM Palembang, agenda resmi penyerahan akreditasi ini menjadi salah satu momen paling berkesan di sepanjang sejarah pencapaian target program.

Berita Terkait

Komentar