Monitoring Implementasi Sistem Merit, BKPSDM Palembang Penuhi Undangan Audiensi Virtual Bersama KASN


SiAbuhNews, Palembang-- Memenuhi undangan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tentang Audiensi Percepatan Implementasi Kebijakan Penerapan Sistem Merit di Lingkungan Pemerintah Daerah, BKPSDM Kota Palembang menyampaikan paparan progress implementasi dari setiap bidang melalui Platform  Zoom meeting pada Kamis, (05/08/21). 

Dihadiri oleh sejumlah Kabid dan Kasubid dari seluruh bidang di BKPSDM Palembang, kegiatan yang diselenggarakan oleh KASN ini bertujuan untuk memonitoring pelaksanaan sistem merit di Lingkungan Pemerintah Daerah. 

Sistem merit sebagaimana diamanatkan penerapannya dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang ASN, bertujuan untuk memastikan jabatan yang ada di birokrasi pemerintah diduduki pegawai yang memenuhi persyaratan kualifikasi dan kompetensi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang Riza Pahlevi melalui Sekretaris Hj. Sulhijawati mengungkapkan Pemerintah Kota Palembang telah memiliki komitmen yang tinggi dalam meningkatkan profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Palembang, salah satunya dengan upaya menerapkan sistem merit secara optimal. 

"Implementasi sistem merit secara optimal sangat perlu menjadi prioritas sebagai upaya agar seluruh pejabat eselon II di Kota Palembang termotivasi bahwa untuk duduk di suatu jabatan saat ini benar-benar harus berdasarkan kompetensi, analisa jabatan, dan analisa beban kerja yang tersedia. Jadi bukan lagi penunjukan langsung secara politis, kita totalitas implementasi perbaikan birokrasi di Kota Palembang ini," ungkap Sulhijawati. 

Adapun penilaian yang dilakukan mulai dari aspek perencanaan kebutuhan, pengadaan, pengembangan karir, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian penghargaan dan disiplin, perlindungan dan pelayanan sampai dengan pengelolaan sistem informasi kepegawaian menjadi point penilaian dalam sistem merit. Penilaian sendiri dilakukan secara mandiri dan akan di verifikasi oleh KASN melalui aplikasi SIPINTER.

"Proses rekrutmen seleksi berdasarkan kualifikasi dan kompetensi kinerja adalah kunci awal terbangunnya sistem tata kelola pemerintahan yang presisi. Kita memastikan setiap aspek dan elemen dikelola dan dijalankan secara profesional dan transparan," lanjutnya lagi. 

Lebih lanjut, sebagai rencana pengembangan kedepan Pemkot Palembang juga akan segera membentuk UPT Assesmen Centre untuk proses Pengisian JPT secara mandiri.

Berita Terkait

Komentar