Pasca Lantik Kepengurusan Baru, Harnojoyo Optimis Presensi Baznas Akan Capai Target Zakat ASN Kota P

 SiAbuhNews, Palembang-- Wujudkan optimalisasi melalui realisasi penyegaran birokrasi, Walikota Palembang H.Harnojoyo melantik  kepengurusan baru Badan Amil Zakat Nasional Kota Palembang periode 2021-2026 di rumah Dinas Walikota Palembang pada Kamis, (12/08/21). 

"Terwujudnya tata kelola Baznas yang akuntabel dan berkredibilitas tinggi tentu tak lepas dari peran serta masyarakat yang bersedia menitipkan sebagian rezekinya untuk dikelola oleh Baznas. Namun, selain itu reshuffle SDM dalam rangka penyegaran birokrasi juga menjadi salah satu upaya terbentuknya tata kelola organisasi yang berkualitas tinggi. Kita optimis, presensi Baznas akan meningkat dan mencapai target zakat baik dari ASN maupun masyarakat Kota Palembang," tutur Harnojoyo. 

Lebih lanjut, Ketua Baznas Periode terkini Ridwan, S.Pd.I, MM mengungkapkan sejumlah rencana strategisnya untuk mengembangkan amanah baru terkait meningkatkan nilai guna Baznas agar dapat berkontribusi semakin optimal dalam pemberdayaan dana zakat masyarakat. 

"Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan. Program-program baru di Baznas tentunya akan terus kami sempurnakan konsepnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam jangka panjang, kami juga telah merencanakan adanya digitalisasi zakat dan sedekah berbasis aplikasi atau melalui dompet digital mengikuti trend saat ini. Sehingga, masyarakat dapat lebih mudah menyalurkan zakat, infaq, maupun shodaqoh nya tanpa harus bertatap muka langsung dengan pihak baznas," ucapnya optimis. 

Sementara itu, Drs. HM Saim Marhadan selaku ketua Baznas periode sebelumnya menyatakan acara pelantikan dan serah terima jabatan hari ini bukan sekedar awal dan akhir dari masa pengabdian, namun juga serangkaian proses untuk membawa Kota Palembang berhasil mewujud sebagai Kota Darussalam. 

"Apa yang telah dicapai di periode sebelum ini adalah bahan pembelajaran untuk kita semua dalam rangka evaluasi berkelanjutan. Perjuangan belum selesai hanya sampai disini. Poin pentingnya ialah bukan seberapa lama kita menjabat, namun seberapa baik proses kita saat menjabat dalam mewakili aspirasi-aspirasi masyarakat," tuturnya bijak. 

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda juga melemparkan pujian kepada Baznas Kota Palembang atas program yang selama ini telah digerakkan.

“Banyak sekali program Baznas yang jangkauannya telah menyentuh langsung masyarakat Kota Palembang diantaranya bedah rumah, kesehatan, pendidikan dan program bantuan yang lainnya. Harapan kami tentu apa yang telah digerakkan selama ini dapat terus berlanjut," kata Fitri. 

Di sela sambutannya, Harnojoyo juga sempat mengangkat issue terkait penanganan masalah Covid-19 yang masih marak berkembang hingga saat ini. 

"Taat protokol kesehatan tetap harus jadi prioritas utama. Tetapi juga jangan sampai melemahkan iman dan fikiran kita bahwa Covid adalah satu-satunya penyebab kematian sehingga masyarakat menjadi takut berkepanjangan. Jaga kesehatan secara optimal. Makan teratur dan bergizi, cukup istirahat, berdoa, bersedekah dan patuhi prokes. Sisanya terkait pengendalian dan penanganan akan diupayakan sebaik-baiknya oleh pemerintah," tutur Harnojoyo. 

Turut hadir Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, Kepala BKPSDM Riza Pahlevi, MA., Plt. Kabag Kesra Nur Ainun Tanjung, S.Ag, Ketua Baznas 2015-2020 Drs.KH.Saim Marhadan, Ketua Pansel Baznas Prof.Dr.Dusky Ibrahim, serta yang mewakili Kemenag Kota Palembang Dra.H.Budiman, M.Pd.I.

Berikut merupakan susunan kepengurusan Baznas Kota Palembang terbaru pasca pelantikan hari ini. 

Ketua : Ridwan, S.Pd.I, MM

Wakil Ketua I : Drs. H.M Teguh Shobri, M.HI (Bidang Pengumpulan )

Wakil Ketua II : Syaefudddin, S.Psi

(Bidang Pendistribusian dan pendayagunaan)

Wakil Ketua III : Widartini, SE

( Bidang Perencanaan, Keuangan dan pelaporan)

Wakil Ketua IV : Muhammad Syukri, S.Ag, SH, MH

(Bidang Administrasi,Sumber daya manusia dan UMUM)

Berita Terkait

Komentar