Momentum Maulid, Ketua MUI Palembang: Rasulullah Adalah Role of Model Kehidupan


SiAbuhNews, Palembang-- Hidupkan momentum kelahiran Rasulullah SAW bersama masyarakat, Pemerintah Kota Palembang gelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H/2022 M di Masjid Darussaid Sabtu, (08/10/22). 

Diisi oleh rangkaian mutiara hikmah kisah hidup Rasulullah SAW oleh Al Ustadz H. Muhammad Iqbal Harun,

Lc., momen ini menjadi salah satu upaya konkret dalam rangka mewujudkan cita-cita bersama untuk menjadikan kota kecintaan kita ini sebagai kota Religius menuju Palembang EMAS Darussalam 2024.

Walikota Palembang H. Harnojoyo melalui juru bicara Walikota sekaligus Ketua MUI Riza Pahlevi menyatakan dalam sambutannya agar momentum ini diharapkan dapat membangun semangat keagamaan dalam hati masing-masing untuk lebih meningkatkan diri menjadi hamba yang bertaqwa dan menjadi ummat Rasulullah SAW yang sesungguhnya. 

"Apa yang membuat kita termotivasi setiap hari, tentulah apa yang paling kita cintai. Kalau kita memang benar cinta pada Rasulullah, benar ingin meneladani akhlaknya dan sifat-sifatnya, maka inspirasi kekaguman kita pun tentu akan datang darinya. Setiap sikap dan tutur kata yang kita hasilkan pun akan bercermin dari perilaku beliau. Jika kita mengaku cinta namun belum menjadikannya panutan, maka mari kita renungkan lagi, apakah kita sudah benar cinta?" ujarnya. 

Lebih lanjut, ia juga menambahkan penanaman konsep suri tauladan atau sosok yang menginspirasi dalam diri seseorang terutama bagi anak yang menjelang remaja memang seharusnya digaungkan tak hanya pada peringatan hari-hari besar islam saja, namun juga dapat diterapkan terutama di lingkungan keluarga dalam kehidupan sehari-hari agar dapat melekat sebagai habbit yang baik. 

"Rasulullah sebagai Role of model kehidupan ini harusnya diperkenalkan sejak dini untuk semua anak-anak kita. Terutama sebagai sumber motivasi dan inspirasi dalam bersikap. Semoga apa yang disampaikan dari penceramah akan bermanfaat bagi masyarakat Kota Palembang terutama dalam menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Palembang Dr. Afriantoni, M. Pd mengungkapkan agenda yang menjadi salah satu bentuk Sinergitas dari para pimpinan pemerintahan, ustadz Palembang EMAS, serta program sedekah subuh bersama Majelis Ulama Indonesia Kota Palembang dan Dewan Masjid Kota Palembang ini adalah wujud nyata dari berbagai program peningkatan religiusitas kota yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. 

"Berbagai program tersebut tentunya memerlukan dukungan penuh dari semua lapisan masyarakat. Ketika

pemerintah dengan sepenuh hati ingin meningkatkan kehidupan beragama, masyarakat diharapkan dapat

menjadi penopang yang memberikan dukungan sehingga program-program tersebut dapat bermakna dan memiliki nilai positif," ujarnya. 

Turut hadir dalam agenda ini Sekda Provinsi Sumatera Selatan Ir. S. A. Supriono, Ketua Baznas Kota Palembang, Kepala Kantor Kemenag Kota Palembang, Kepala OPD Pemkot Palembang serta Ketua Dewan masjid Indonesia. 

Berita Terkait

Komentar